10 Juli 2009

Tehnik blue screen dan green screen dengan adobe premiere pro 2.0


Tehnik ini dipakai untuk mengubah latar belakang suatu objek, latar belakang objek yang dishoot harus hijau total atau biru total, menggunakan bahan kain, kertas dan lain sebagainya, untuk gambar yang dinamis bergerak, latar harus memenuhi bidang gambar kamera, jika gambar statis dengan sedikit gerakan, latar hanya disekitar objek saja dengan memakai tambahan efect croping. Jangan lupa persiapkan juga video atau gambar yang akan dijadikan latar, berikut ini tutorialnya :


1. Drag and drop hasil shoot dengan memakai aturan diatas ketimeline video dua

2. Lalu pada window effect - video effect - keying - green screen, drag and drop ke timeline video 2, latar akan menghilang.

3. Lalu drag and drop video atau gambar yang dijadikan latar ke video 1

4. Atur nilai threshold : 42 dan cut of 31 (tergantung kondisi warna object dan latar) hingga menjadi seperti dibawah ini


5. untuk tehnik croping gunakan effect eigth point garbage matte, baca tutorial lainnya di kategori adobe premiere di blog ini.

6. Selamat mencoba

Bagi anda yang memanfaatkan atau mengcopy artikel disini wajib meninggalkan comment atau sekedar ucapan numpang copy artikel ..... di BUKU TAMU atau KOTAK KOMENTAR, bagi anda yang tidak memiliki website/blog isi dengan profil anonim di Kotak Komentar (sertakan nama diakhir komentar) atau di buku tamu dengan mengosongkan kolom website/url-nya, nama wajib diisi, Bantulah penulis untuk mengetahui artikel dengan topik apa yang paling populer disini, terima kasih telah berkunjung

13 komentar :

  1. Mas, saya jalan2 diforum, untuk background yang tidak sewarna dapat dicrop frame by frame. artinya 1 file AVI dieksport jadi banyak gambar/frame baru dicrop/keying di aftereffect misalnya. gimana sih mas caranya eksport di premier 2?

    BalasHapus
  2. sori mas sagti baru sempet bales, pada saat ekspor movie pilih setting - general - file type - windows bitmap bikin folder baru, beri judul nanti di akan mengekstrak sendiri framenya

    BalasHapus
  3. mas anatara warna hijau dan biru lebih aman mana, krn saya pernah pake warna hijau, objek baju hijaunya juga ikut hilang kalu saya keiying ?

    BalasHapus
  4. ijin ngopy ya mas.. :D
    tengkyu tengkyu..

    BalasHapus
  5. @ tony : objek harus menghindari memakai baju yang mengandung warna hijau atau biru

    BalasHapus
  6. mksh....mohon izin copy

    BalasHapus
  7. pencahayaan bwt teknik green screen yg bgus gmna ya...?
    mkasih.

    BalasHapus
  8. tererererereng kyu.... bermanfaat sekali

    BalasHapus
  9. Makasih mas atas tutorial di atas

    sangat berguna bagi saya

    BalasHapus
  10. @tony.. gampang mas, kalo latar biru hindari kostum warna biru, begitu juga latar hijau.. itulah gunanya bagian kostum artist..

    BalasHapus
  11. ini dia ni tehnik yg saya cari2...thanks mas atas share ilmunya..oiya klo saya ad video tp waktu pengambilan gambar tdk menggunakan layar hijau/biru (alias normal background) tp ingin dicroping backgroundnya bisa ga?klo bs share tutorialnya dong mas...thanks

    BalasHapus